Istana Tempat Duduk 4

Hasil Tindakan yang Menyerupai Penyebabnya

Tempat kejadian ini juga di Rajagaha. Seorang perempuan yang memiliki rasa derma memberikan tempat duduk dengan kain biru yang dibentangkan diatasnya. Lalu di surga muncul juga baginya Istana yang terbuat dari batu permata hijau laut.

Seperti kisah sebelumnya, Y.M. Maha Moggallana tiba di alam Tiga Puluh Tiga Dewa, menampakkan diri di dekat sesosok dewi yang duduk di atas sebuah tempat duduk yang terbuat dari permata hijau laut. Demi untuk memperjelas tentang buah dari tindakan bajik kepada dunia beserta para dewanya, Y.M Maha Moggallana meminta agar dewi ini menceritakan tindakan yang telah dia lakukan.

Beliau berkata demikian:

“Tempat dudukmu yang luar biasa dan terbuat dari batu permata hijau-laut, bergerak sesuka hati (-mu) dengan kecepatan pikiran. Engkau berhias, mengenakan rangkaian bunga, berpakaian indah; engkau bersinar bagaikan halilintar di tepian awan.

”Karena apakah maka keelokanmu sedemikian rupa? Karena apakah engkau sejahtera di sini, dan di sana muncul apa pun yang merupakan kesenangan sesuai dengan hatimu?

“Saya bertanya kepadamu, dewi dengan keagungan yang besar, tindakan jasa apakah yang telah engkau lakukan ketika terlahir sebagai manusia? Karena apakah maka keagunganmu cemerlang sedemikian rupa dan keelokanmu menyinari segala penjuru?”

 

Manfaat Memberi dengan Penuh Bakti

Devata tersebut, karena gembira ditanya oleh Moggallana, ketika diberi pertanyaan memjelaskan perbuatan apa yang menghasilkan buah itu.

“Untuk suatu perbuatan kecil saya maka buahnya adalah keagungan yang cemerlang sedemikian rupa. Ketika di dalam kehidupan lampau saya terlahir sebagai manusia di antara manusia.

“Saya melihat seorang Bhikkhu tanpa kotoran batin, tenang pikirannya, tanpa kebingungan, kepadanya saya – karena keyakinan – memberikan sebuah tempat duduk dengan tangan saya sendiri.

”Karena inilah maka keelokanku sedemikian rupa, karena inilah saya sejahtera di sini, dan di sana muncul apa pun yang merupakan kesenangan sesuai dengan hatiku.

”Saya beritahukan kepadamu. Bhikkhu dengan keagungan yang besar, tindakan jasa yang telah saya lakukan ketika terlahir sebagai manusia. Karena inilah maka keagunganku cemerlang sedemikian rupa dan keelokanku menyinari segala penjuru.”

Jika pikiran memiliki keyakinan, tak ada dana penuh bakti bisa dikatakan tak bermakna apabila diberikan kepada Tathagata, Yang Sepenuhnya Tercerahkan, atau kepada seorang siswa.

DONASI PEMBANGUNAN

BANK CENTRAL ASIA ac. 0222.558.199 an. YAYASAN VIHARA MAHASAMPATTI
BANK MANDIRI ac. 106.00.8000819.9 an. YAYASAN VIHARA MAHASAMPATTI
BANK BRI ac. 0633.01.000925.56.4 an. YAYASAN VIHARA MAHASAMPATTI

 

Info lebih lanjut, hubungi: 

  • Eddy Dhammadipa
0812.6066.9675  
  • Herman Cittasudho
0812.6059.921  
  • Wikiyanto
0811.6075.600  
  • Fadil Masri
0811.600.788  


SEKRETARIAT

VIHARA MAHASAMPATTI
Jalan Pajang No. 1-3-5-7-9-11,
Kelurahan Sei Rengas Permata,
Kecamatan Medan Area,
Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara

ALAMAT RELOKASI SEMENTARA VIHARA :
Jalan M.H. Thamrin No. 166AB,
Kelurahan Sei Rengas I
Kecamatan Medan Kota, Kota Medan, Provinsi Sumatra Utara

line_me1600 @mahasampatti
Logo-WA0852 6176 1777
phone(061) 736 9410